5 Kandidat Calon Wakil Gubernur Jabar Pendamping Dedi Mulyadi bila Gerindra-Golkar Koalisi di Pilgub Jabar


Bandung - Berikut ini adalah 5 tokoh yang potensial dicalonkan sebagai wakil gubernur Jawa Barat (Jabar) untuk mendampingi Dedi Mulyadi bila Partai Gerindra dan Partai Golkar berkoalisi.

Untuk diketahui, Dedi Mulyadi yang saat ini merupakan kader Partai Gerindra mendapatkan dukungan untuk menjadi calon gubernur Jawa Barat dari Partai Golkar. 

Dukungan tersebut mengisyaratkan rencana suasana antara Partai Golkar dengan Partai Gerindra pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2024 nanti. 

Jika berkoalisi, maka untuk posisi calon wakil gubernur (cawagub) berpeluang besar dari Partai Golkar. 

Peluang tersebut terbuka lebar setelah beberapa hari ini DPD Partai Golkar Jawa Barat dan perwakilan DPP secara silih berganti membahas Dedi Mulyadi. 

Pertemuan tersebut diakui elit Golkar kepada wartawan untuk memberikan dukungan kepada Dedi Mulyadi agar maju menjadi calon gubernur. Baca Juga: Jusuf Hamka Turun Gunung Sosialisasi Pencalonan Gubernur, 

Peluang Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta Tamat? Namun disinyalir, pertemuan tersebut tidak hanya sekedar dukungan bicara, tetapi juga menawarkan cawagub dari Partai Golkar untuk mendampingi Dedi Mulyadi. 

Pasca pertemuan, banyak rumor yang beredar terkait nama yang akan diusung Partai Golkar sebagai cawagub dari Dedi Mulyadi. 

Mayoritas nama yang beredar adalah sejumlah tokoh Partai Golkar yang berasal dari Provinsi Jawa Barat.

Kandidat Cawagub Jabar dari Partai Golkar Nama-nama tokoh Partai Golkar yang masuk bursa cawagub untuk mendampingi Dedi Mulyadi antara lain: 

1. TB Ace Hasan Syadzily Sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, TB Ace Hasan Syadzily punya peluang paling besar dibanding nama kader lainnya. Kang Ace, sapaan akrab TB Ace Hasan Syadzily punya banyak pengalaman terutama di legislatif, karena sudah duduk dua periode di DPR RI. Periode pertamanya memang tidak penuh, sebab ia dilantik sebagai pengganti antar waktu (PAW) sisa jabatan periode 2014-2019. Di Pemilu 2019, Kang Ace kembali terpilih menjadi anggota DPR RI untuk periode 2019 hingga 2024 dari daerah pemilihan Jawa Barat. Politisi Partai Golkar yang hidup di lingkungan pesantren ini tergolong organisatoris karena aktif berorganisasi sejak muda, mulai dari GP Ansor hingga AMPI. Karena profilnya yang mentereng, Kang Ace dianggap sangat layak untuk mendampingi Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar. 

2. Dave Laksono Nama lengkapnya Dave Akbarshah Fikarno Laksono, politisi Partai Golkar yang sejak usia 30-an aktif di partai dan menjadi anggota DPR RI, dianggap sangat layak maju di Pilgub Jabar jadi cawagub mendampingi Dedi Mulyadi. Meski masih muda, namun pria kelahiran 19 Agustus 1979 yang akrab disapa Dave Laksono itu sudah menjabat sebagai anggota DPR RI hampir 10 tahun. Bahkan untuk periode 2024-2029, Dave Laksono juga terpilih kembali sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jabar VIII yang meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu. Untuk karir di partai politik, putra sesepuh Golkar, Agung Laksono itu memulainya sebagai ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cirebon. Setelah lima tahun memimpin Golkar Cirebon, Dave Laksono terpilih menjadi ketua umum PPK Kosgoro 1957. Kini, anggota Komisi I DPR RI itu menjabat sebagai Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP Partai Golkar di bawah kepengurusan Airlangga Hartarto. Pengalaman yang dimiliki sangatlah cukup untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Jawa Barat tahun 2024. 

3. Ade Ginanjar Nama Ade Ginanjar mencuat sebagai pendamping Dedi Mulyadi karena ditugaskan secara khusus oleh Ketua DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Ade Ginanjar ditugaskan untuk melakukan komunikasi politik terkait Pilgub Jabar dengan kader Partai Gerindra yang dicalonkan menjadi gubernur Jawa Barat. Dia juga bukan orang sembarangan, karena saat ini ia menjabat sebagai wakil ketua DPRD Provinsi Jawa Barat. Ade Ginanjar menajadi angota dewan Jawa Barat dari daerah pemilihan Kabupaten Garut yang mengantarkannya duduk sebagai pimpinan dewan. Dengan pengalamannya itu, Ade Ginanjar juga potensial dicalonkan menjadi wakil gubernur Jawa Barat di Pilkada 27 November tahun 2024 nanti. 

4. Atalia Praratya Nama lainnya yang dianggap layak diusung menjadi calon wakil gubernur Jawa Barat oleh Partai Golkar adalah Atalia Praratya. Meski perempuan, Atalia Praratya memiliki pengalaman yang lengkap di banyak bidang, mulai dari menjadi dosen, komisaris di salahsatu perusahaan, ketua Dekranasda, dan masih banyak lagi kiprahnya di berbagai bidang. Istri mantan gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga tahun ini resmi masuk politik dan bergabung dengan Partai Golkar. Pada Pemilu 2024 kemarin, Atalia Praratya juga maju menjadi calon anggota DPR RI dari daerah Pilkada Bandung. Perolehan suaranya luar biasa, sebab Atalia Praratya menjadi anggota DPR RI terpilih dengan perolehan suara teresar di Jawa Barat. Sebagai istri mantan gubernur yang sangat dikenal masyarakat, Atalia Praratya berpotensi mendampingi Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar. 

5. Daniel Muttaqien Nama berikutnya yang bisa menjadi alternatif calon wakil gubernur Jabar adalah Daniel Muttaqien Syafiuddin, politisi Partai Golkar dari Indramayu. Daniel Muttaqien juga memiliki pengalaman yang lengkap sebagai seorang politisi, pernah menjadi ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Indramayu dan wakil ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat. Dia merupakan putra dari Irianto MS Syafiuddin (Yance) dan Anna Sophana, keduanya sama-sama pernah menjabat sebagai bupati Indramayu. Daniel Muttaqien pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari daerah pemilihan Cirebon dan Indramayu. Saat ini dia masih menjabat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, juga dari daerah pemilihan yang sama. Pada Pemilu 2024 lalu, nama Daniel Muttaqien juga kembali terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029. Dengan kiprah dan pengalamannya itu, Daniel Muttaqien layak disodorkan Partai Golkar menjadi calon wakil gubernur Jawa Barat. ***


PANDAWA INTERNET INDRAMAYU
Sumber : PR COM
Powered by Blogger.